Senin, 27 Juni 2011

LAPORAN PENELITIAN

LAPORAN
( Penelitian di UD. Rembulan )







Oleh :
7 0 9 . 1 . 1 . 1 3 0 6


Dosen Pembimbing :
Dra. Irma Irawati P.Msi







FAKULTAS ILMU ADMINSTRASI
UNVERSITAS WIRARAJA SUMENEP
TAHUN AKADEMIK 2010-2011








KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena hanya dengan berkat rahmat dan hidayah- Nya saya dapat menyelesaikan tugas Laporan di UD. Rembulan.
Saya menyadari bahwa manusia yang terlahir dari suatu kelebihan dan kekurangan disegala kondisi kehidupan,maka saya mohon maaf apabila dalam Laporan ini ada kesalahan baik dari bahasa mapun dari penempatan kata – kata.
Dengan selesainya makalah ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dra. Irma Irawati P.Msi.  selaku Dosen Mata Kuliah, serta pihak-pihak yang terkait.
Semoga Laporan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan bermanfaat bagi pembaca dan penulis pada khususnya.








Sumenep, 27 Juni 2011



 Penulis





PENDAHULUAN

1.      Sejarah Perusahaan

a)      Nama Perusahaan “Percetakan Rembulan” dihasilkan dengan cara yang unik yang mana nama tersebut  diambil pada bulan purnama, mengapa diberi nama demikian ? Karena Rembulan adalah ciptaan tuhan yang sinarnya sangat indah serta pancaran cahayannya sangat halus.
b)      Tahun berdirinya perusahaan
Sebelum berdirinya Usaha Percetakan ini Umar Faruq bekerja disalah satu percetakan. Sehingga dengan pengalama  yang beliau dapat maka, pada tahun 1989 sekitar awal bulan seorang Umar Faruq (Pimpinan Percerakan Rembulan) Mempunyai keinginan untuk mengkaji dan mengembangkan hasil pengalaman yang didapat sebelumnya dengan memilih Usaha Percetakan.
c)      Pendiri  Perusahaan
Berikut dipaparkan Profil lengkap pendiri ”Perusahaan Percerakan Rembulan” :

Profil Lengkap :
Nama                     : H. Moh. Ridwan / H. Umar Faruq
Tetala                     : Sumenep, 16 Februari 19 65
Alamat                   : Jl. KH. Wahid Hasyim XI/32 Pandian – Sumenep
Pekerjaan               : Wiraswasta (Pimpinan Percetakan UD. Rembulan)
Status                     : Kawin dan Punya 5 Anak
Hobby                    : Mengaji dan Berbisnis
Pendidikan             : PGA (Sederajat SMA)
Terakhir    

d)      Latar belakang usaha
Pada tahun 1989 langkahnya percetakan khususnya di kabupaten sumenep, Umar Faruq mempunuyai inisiatif pemikiran untuk berwira usaha dengan mendirikan sebuah percetakan atau sablon dengan bermodalkan pengalaman kurang lebih sekitar 7 tahun, dari pengalaman itu bangkitlah bapak Umar Faruq dan bertekat untuk mendirikan percetakan.

e). Situasi yang ada saat ini
Pada saat ini perusahaan tersebut mengalami kemajuan yang pesat dengan ditandai banyaknya pemesanan atau order dari para pelanggan baik masyrakat umum maupun dari kantor dinas atau instansi.

2. Gambaran Usaha

·        Keunikan usaha UD. Rembulan
Keunikan usaha tersebut mempunyai berbagai macam cetakan yang diantaranya adalah :
a)      Undangan
UD. Percetakan Rembulan membuat berbagai macam undangan dari yang termurah sampai yang termalah. Semua itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
b). Tas
Tas yang di cetak hanyalah tas yang berbahan dari kertas, Tas tersebut dibuat dengan cara di potong sesuai ukuran, di sablon dengan nama dan bingkai sesuai keinginan pemesan, dan dilipat.
c). Stempel  dll.

·        Faktor – faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan seperti :
a). Kualitas
Kualitas barang yang dimiliki UD. Rembulan bagus, dan Pemesanan selesai tepat pada waktunya., sehingga banyak disukai oleh pelanggan.
b). Keandalan
            Dengan peralatan dan mesin yang lebih canggih UD. Rembulan dapat memproduksi barang dengan jumlah banyak dengan waktu yang efisien dan efektif


3. Produk

·        Semenjak usaha ini dirintis direspon positif dipasaran khkususnya dikalangan sablon di masyarakat pada umumnya.
·        Dan produk ini desainnya dikenal dengan model terbaru dan harga yang cukup bersaing yang efisien dan efektif.
·     Dari pertama UD. Rembulan dirintis dengan menggunakan peralatan tradisional dan sederhana, juga desain mutif yang sederhana, dengan kemajuan zaman sekarang sudah didukung oleh peralatan modern dan bahan baku utama percetakan sudah mencapai standart kualitas dipasaran.

4.      Analisis Proses

·        Dengan banyaknya keperluan yanga terutama berkaitan dengan hajat dan selera sehingga ini menjadi motivasi untuk datang kepercetakan UD. Rembulan.
·        Percetakan ini melayani masyarakat umum maupun instansi.
·        Adapun pesaingnya, yaitu pera pemilik percetakan yang lain, untuk meningkatkan daya saing yaitu dengan cara peningkatan kualitas dan pelayanan yang baik.
·        Selama ini UD.  Rembulan dalam memasarkan produknya tidak dengan cara promosi, melainkan pelanggan datang sendiri.
·        Untuk mengetahui selera pasar  atau pelanggan UD. Rembulan menyediakan conto – contoh atau juga dengan cara mennggambar sesuai keinginannya.

5.      SDM

  • Pekerja pertama kali di UD. Rembulan hanyalah dari keluarga sendiri tanpa menyediakan lowongan pekerjaan.
  • Sejauh ini UD. Rembulan merekrut karyawan dengan cara mengambil dari teman atau dari sanak famili  dari karyawan yang sudah bekerja disana.
  • Pada saat ini tenaga kerja di UD. Rembulan 60% adalah tenaga manusia dan 40% adalam tenaga mesin, jumlah karyawan di Percetakan Rembulan sebanyak 42 laki-laki dan perempuan yang kebanyakan menetap di percetakan rembulan.
  • Cara mempekerjakan karyawan ialah dengan memberi ketetapan waktu yang disiplin dan dibimbing dengan cara belajar kepa yang lebih senior.
Cara membagikan pekerjaan ialah dibagi sesuai posisinya, adapun kelengkapan pekerjaan di UD. Rembulan ialah :


ü      Seting computer
ü      Mesin oliver
ü      Mesin offset
ü      Plat master
ü      Film skrin
ü      Sablon
ü      Penjilidan atau pembukuan
ü      Jilid undangan
ü      Mesin hotprint
ü      Stempel
ü      Benner
ü      Mika
ü      Pengeboran
ü      Mesin potong
ü      Mesin jahit


Masing – masing keryawan dibagi sesuai posisi tersebut dan juga bisa saling bantu agar pekerjaan cepat selesai.
  • Cara pengorganisasiannya Umar Faruq selaku pimpinan UD. Rembulan beliau selalu mendidik dan membimbing karyawannya untuk lebih baik dengan cara memantau dan mengeveluasi hasil serta cara kerja karyawan.

6.      Keuangan
·        Pada masa awal  tak banyak modal yang dimiliki oleh percetakan rembulan melainkan hanya cukup untuk membeli  alat ”Letetter” atau ”Henpress” untuk mencetak segala macam bentuk tulisan.
·        Setelah itu karena pesanan semakin banyak dan penghasilan juga semakin meningkat, maka dengan keinginan tinggi umar faruq, maka barulah beliau membeli alat-alat percetakan seperti : alat Sablon yaitu : Skrin, Rakel, Catok, Meja Berkaca, Kursi, berserta dengan Tinta beserta Minnyaknya.
  • Setelah Usaha tersebut lebih meningkat dan seakan menjadi obyek banyak pelanggan maka, untuk mendapatkan modal sebagai tambahan usahanya beliau  bernekat meminjam uang ke Bank BRI sebanyak 2 kali  pertama sebesar Rp. 300.000.000,- dan kedua kalinya Rp. 500.000.000,-.








PENUTUP
Kesimpulan

            Dari hal diatas penulis dapat menyimpulkan, bahwa  UD. Rembulan merupankan salah satu usaha Percetakan di sumenep yang sudah berkembang  yang dipimpin oleh H. Umar Faruq, dikelola mulai tahun 1989 yang mana beliau mengembangkan dari pengalaman kerja sebelumnya beliau bekerja sekitar 7 tahun disalah satu percetakan.
            Tahap demi tahap usaha tersebut  terus berkembang dan menjadi sorotan masyarakt konsumen. Usaha tersebut di senangi banyak pelanggan dari segi kualitas yang bagus ketepatan dalam menangani pelanggan.
            Sampai saat ini UD. Rembulan jauh lebih berkembang dari tahun – tahun sebelmunya serta jauh lebih banyak dan lebih efektif /efisien dalam memproduksi barang dan penanganan pelanggan.

Saran
           
            Jadikan cermen para pengusaha sukses mungkin kelak andan bisa mengikuti jejak mereka, mulailah belajar berinovasi dengan meningkatkan daya fikir anda. Semoga laporan ini dapat menambah wawasan anda dalam berfikir tentang usaha.
            Apa bila dalam laporang ini terdapat kesalah dalam penggunaan dan penempatan bahasa, penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun di ” basry16@yahoo.com atau basry16.blogspot. com.sebagai bekal untuk penyusunan berikutnya. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terimakasih.


Pimpinan UD. REMBULAN
                                                


H. MOH. RIDWAN
Penulis




1 komentar:

  1. aku minta yaa...
    buat laporan nanti.. hee...
    mw copas.. kan yg penting halal..

    BalasHapus